Anything

OSPEK Sebagai Langkah Awal Gerakan Kebhinekaan Bagi Mahasiswa UNY

Konbanwa, minna-san! see you again with me 😀 anyway, I’ll share my task when I attended ‘OSPEK’ at my faculty. hope you like it 😉

*********************************************************************************************************************

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau yang kita kenal sebagai OSPEK sejatinya merupakan wadah yang menyenangkan bagi mahasiswa baru. Mengapa bisa disebut kegiatan yang menyenangkan? Bukannya OSPEK itu ajang yang menyebalkan karena sering dijadikan ajang ‘perploncoan’?

Sebenarnya itu tidak benar. OSPEK kegiatan yang ―saya yakin― menyenangkan. Alasannya sederhana saja.

Alasan pertama, bahwasanya jika kita menyadari arti singkatan OSPEK ini, pasti akan terlintas dibenak kita bahwa kegiatan ini menyenangkan, bukan menyebalkan. Sebab, kita akan dipandu kakak-kakak tingkat untuk mengenal lebih jauh kampus tercinta kita ini.

gedung uny

Pengenalan kampus dan segala pernak-perniknya akan membuat kita mengenal lebih dalam untuk kemudian memahami dan mencintai semua elemen yang menyokong kampus kita ini.

gd fis

Pada langkah awal dalam proses kebhinekaan ini, akan ada peranan penting untuk menghidupkan suasana ‘menyenangkan’ dalam perwujudan untuk menyatukan keberagaman dan menjadikan suatu gerakan kebhinekaan bagi mahasiswa UNY.

uny

Kebhinekaan, persatuan dalam keberagaman

Kebhinekaan, persatuan dalam perbedaan

Kebhinekaan, persatuan dengan segala isinya

btk

Alasan kedua mengapa saya menyebut OSPEK ini kegiatan yang menyenangkan adalah karena kita akan menemui banyak keberagaman, banyak perbedaan, serta masih banyak hal baru lainnya.

Mengapa masyarakat Indonesia pada umumnya masih saja memiliki mindset ‘I Hate the Differences’ di otak mereka? Inilah problem yang harus kita luruskan.

Sebagai seorang mahasiswa, kita dituntut harus memiliki rasa cinta, rasa nasionalisme, dan berkarakter mulia untuk mengubah semua egoisme dan menjadikan perbedaan, menjadikan keberagaman sebagai sebuah gerakan kebhinekaan untuk Indonesia. Sejatinya, menjadi berbeda itu menyenangkan. Unik. Mengapa hal semenarik itu justru membuat kita bermusuhan dan saling benci? Perbedaan itu indah ^_^

Now, let’s be honest and ask yourself! Do you feel comfortable by things in common? I mean, have you ever thought of being different?

Kalau saya sendiri, menjawab pertanyaan diatas, saya hanya akan menjawab 3 kata : NO and YES !

maskot

NO, saya berikan sebagai jawaban untuk pertanyaan pertama. Disini saya berusaha merefleksikan OSPEK, yang walau berat dan melelahkan juga hanya berbeda tipis dengan MOS saat SMP dan SMA dulu, menjadi sesuatu yang ‘baru dan tidak biasa’. Karena, saat kita OSPEK, kita akan menemui banyak hal baru di sekitar kita, dengan lingkup yang lebih luas. Misalnya, bahasa.

Tapi saya juga tidak mengatakan bahwa serupa itu buruk. Tidak, tidak seperti itu. Hanya saja, apakah teman-teman maba tidak pernah merasa ingin mengenal sesuatu yang baru di Indonesia ini? Dan inilah sedikit alasan mengapa saya menjawab YES untuk pertanyaan kedua.

Menjadi berbeda itu menyenangkan. Karena, sangat mubazir jika keberagaman di Indonesia disia-siakan. Keberagaman juga tidak melulu tentang SARA, tapi bisa mencakup banyak hal. Misal, hobi, cita-cita, atau selera. Jadi, mengapa harus saling bermusuhan jika bisa bersatu dan berdampingan? 🙂

OSPEK bukanlah sesuatu yang pantas dijadikan momok seperti yang ada di mindset kebanyakan orang. Banyaknya rangkain kegiatan OSPEK justru menjadikan kita pribadi yang lebih tangguh. Juga sebagai sarana menumbuhkembangkan rasa cinta untuk gerakan kebhinekaan di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa UNY. Karena OSPEK memiliki satu cinta, satu cita-cita, satu tujuan mulia untuk Indonesia. ^_^

“Mahasiswa itu tidaklah mengeluh, tapi bertindak. Mahasiswa itu tidak banyak bicara, tapi bertindak!”

fis

Salam Pergerakan!

Bhinneka Tunggal Ika!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s