Anything

Laporan Pengamatan Museum Pendidikan Indonesia

Minna-san, kalian jangan pada bosen ya, soalnya akhir-akhir ini yang gue posting tugas-tugas kuliah mulu. hihihi… maklum, Ma-Ba. alias Mahasiswa Baru. lagi anget-angetnya kena tugas segudang! -_-

kali ini gue mau posting tugas mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Sejarah. bedanya sama tugas kemaren yang udah gue posting, tugas gue yang sekarang ini adalah tugas kelompok dan outdoor! 😀

selamat membaca dan semoga bermanfaat!

*****************

MATA KULIAH DASAR-DASAR ILMU SEJARAH

LAPORAN PENGAMATAN MUSEUM PENDIDIKAN INDONESIA

gedung uny

KELOMPOK 2

  1. Eka Tamara                                         (13406241003)
  2. Muh. Arief Fiddini                              (13406241012)
  3. Oky Ardiansyah Nur Hidayah      (13406241002)
  4. Risda Amanda                                    (13406241007)
  5. Yoki Agung Septiawan                    (13406241027)

KELAS A PENDIDIKAN SEJARAH

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2013

########

       I.            Definisi Sejarah

Merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala yang berkaitan dengan manusia, memiliki fakta dan bukti peninggalan.

       II.            Apa Saja Objek Kajian Sejarah 

Dari pengamatan di Museum Pendidikan Indonesia, menurut kelompok kami, yang dapat digunakan sebagai objek kajian sejarah, antara lain :

  1. a.      Hasil cipta karsa manusia
  • Buku-buku pelajaran
  • Mesin ketik
  • Alat tulis
  • Sempoa, dsb.
    1. b.      Artefak yang terbentuk alamiah
    • Fosil kerang
    • Batu sabak
    1. c.      Diorama gambaran masa lalu
    • Diorama ruang kelas
    • Foto-foto
    1. d.       Alat transportasi zaman dulu
    • Sepeda onthel

Objek kajian sejarah sendiri dapat kita temui sebagai salah satu fakta mengenai kejadian masa lampau. Misalnya, dari buku-buku pelajaran dapat diketahui di tahun tersebut kurikulum atau metode pengajarannya seperti apa.

Di dalam Museum Pendidikan Indonesia juga terdapat objek kajian sejarah, benda-benda yang digunakan di masa lalu seperti mesin ketik, komputer, dan alat perekam. Dari alat-alat tersebut kita dapat mengetahui bahwa pada zaman dahulu cara mengabadikan suatu momen masih sangat sulit. Jadi, setiap momen yang terjadi terasa sangat berharga.

       III.            Bagaimana Memaknai Objek Kajian Sejarah

Dari berbagai macam objek yang terdapat di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, yang kami maknai yaitu, alat tulis zaman dahulu yang terbuat dari papan dan batu sabak.

Kami memilih objek tersebut karena memiliki makna yang menunjukkan  betapa sulitnya menuntut ilmu zaman dulu. Apa yang disampaikan oleh guru dan kita catat tidak bisa kita baca di kemudian hari karena alat tulis dari bahan sabak hanya bisa digunakan satu kali kemudian dihapus agar dapat digunakan kembali.

Sungguh perjuangan orang-orang zaman dahulu dalam menuntut ilmu sangat berat dan penuh perjuangan. Tanpa dua hal tersebut mungkin mereka akan mengalami kesulitan. Namun kenyataannya hal tersebut bukanlah halangan bagi mereka.

Kita sebagai generasi yang hidup di masa modern, masa yang sudah maju dalam hal perangkat tulis menulis, teknologi yang sudah canggih serta informasi yang dapat diakses secara cepat harusnya bisa menjadikan generasi yang lebih cerdas dan menghasilkan karya terbaik. Semoga kita bisa meneladani perjuangan orang-orang di masa lalu dalam belajar dan menuntut ilmu sehingga akan lahir insan-insan cendekia di masa mendatang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s