Anything

Masa Pemerintahan Ferdinand Marcos

fm

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Filipina merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memulai gerakan nasionalisme pertama kalinya. Kemerdekaan negara ini juga bisa disebut yang paling cepat diantara negara-negara jajahan lainnya. Nasionalisme yang berkembang cepat di negara ini tidak lepas dari peranan tokoh-tokoh penting, salah satunua Ferdinand Marcos.

Marcos tampil sebagai presiden kesepuluh Filipina yang mempropagandakan kemajuan Filipina di segala lini. Walaupun pada akhir masa jabatannya, ia digulingkan oleh rakyat akibat rezim otoriter dan diktatornya.

 

  1. B.     Rumusan Masalah

Dalam penyusunan makalah ini, permasalahan yang ingin penulis sampaikan yakni :

  1. Bagaimana awal masa pemerintahan Ferdinand Marcos sebagai presiden?
  2. Bagaimana akhir masa pemerintahan Ferdinand Marcos sebagai presiden?

 

  1. C.    Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan yang ingin dicapai diantaranya ;

  1. Mengetahui proses awal pada masa pemerintahan Ferdinand Marcos
  2. Mengetahui akhir dari kepemimpinan Ferdinand Marcos.

 

BAB II

ISI

 

  1. A.    Periode Awal Kepemimpinan Ferdinand Marcos

Masa pemerintahan Ferdinand Marcos di Filipina dimulai sejak ia memenangkan pemilu presiden Filipina pada tahun 1955. Kemenangan Marcos ini tidak bisa dipisahkan dari karier politiknya sebagai mantan manager kampanye presiden Filipina sebelumnya, Diosdado Macapagal.

Popularitas Macapagal sebagai presiden yang semakin merosot akibat kinerjanya yang dinilai buruk dimata rakyat, terutama mengenai masalah keberpihakannya terhadap pengusaha Amerika, Stonehill, yang dituduh melakukan manipulasi pajak. Peristiwa tersebut kemudian membuat Macapagal kalah dalam pemilu 1955, dan Marcos pun  maju mengambil tampuk kekuasaan Filiipina.

Di awal kepemimpinannya, Marcos maju sebagai presiden yang inovatif dan banyak membuat program-program nasional untuk kemajuan Filipina. Di masa yang sama, saat itu Filipina juga sedang mengalami kelebihan produksi beras, yang kemudian oleh Marcos diekspor ke beberapa negara dan mengakibatkan surplus devisa bagi Filipina sendiri.

Dalam bidang infrastruktur, Marcos juga menyempurnakan struktur landform Filipina. Misalnya, pembangunan jalan, jembatan, gedung-gedung instansi, serta sekolah-sekolah yang sudah dirintis pada pemerintahan sebelumnya. Marcos juga berhasil membuat kebijakan luar negeri yang aman. Sehingga, bisa dikatakan pada periode pertama kepemimpinannya berjalan dengan baik.

 

  1. B.     Akhir Kepemimpinan Ferdinand Marcos

Di tahun 1972, Marcos mendirikan rezim otoriter yang membuatnya bisa berkuasa kembali menjadi presiden Filipina sampai tahun 1981. Berawal dari rezim itulah pemerintahan Marcos mulai memburuk akibat sikap diktatornya.

Kemerosotan kepemimpinan Marcos juga disebabkan oleh korupsi besar-besaran yang dilakukan olehnya dan Imelda, sang istri, guna memperkaya diri sendiri dan keluarganya. Bahkan, istana Malacanang, yang merupakan istana kepresidenan Filipina pun menjadi hujatan dan dibenci rakyat akibat korupsi yang dilakukan Marcos.

Selain dari segi ekonomi tersebut, pemerintahan Marcos juga dinilai buruk karena ia ‘menghajar’ beragam lawan politiknya dengan sangat licik. Dari semua kasus politik yang ada, skandal perseteruannya dengan senator pihak oposisi, Benigno Aquino, Jr. adalah krisis politik yang paling krusial di Filipina masa itu.

Marcos yang menyadari potensi besar dari Aquino pun mulai memboikot segala macam aktivitas yang dilakukan saingannya itu. Puncaknya adalah pengasingan Aquino ke Amerika Serikat.

Saat akhirnya masa pengasingan Aquino usai, senator ulung tersebut justru tewas ketika baru mendarat di Bandara Manila sekembalinya ia dari Amerika Serikat tahun 1983. Peristiwa tersebut kemudian memunculkan amarah rakyat dan menuduh Marcos berada dibalik tewasnya Aquino.

Melihat situasi yang semakin memburuk, juga dengan semakin gencarnya Gerakan Revolusi Kekuatan Rakyat pada tahun 1985-1986, Marcos kemudian mengumumkan bahwa pemilu presiden Filipina selanjutnya akan diadakan pada Februari 1986. Rakyat Filipina yang mendengar kabar tersebut beramai-ramai mengajukan Corazon (Cory) Aquino sebagai kandidat presiden Filipina, yang tidak lain merupakan isteri dari mendiang Benigno Aquino.

Semangat demokrasi tinggi yang dikobarkan Corazon berhasil menumbangkan kekuasaan otoriter Marcos pada pemilu 7 Februari 1986, walaupun sebelumnya sempat mengalami bermacam intimidasi dan kecurangan hasil pemilu.

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    Simpulan

Dari uraian yang telah penulis sampaikan diatas beberapa poin yang dapat ditarik sebagai simpulan makalah ini diantaranya :

  1. Ferdinand Marcos berhasil menjabat sebagai presiden ke-10 Filipina setelah ia menumbangkan kekuasaan Diosdado Macapagal.
  2. Pada awal pemerintahan Marcos tidaklah buruk. Ia berhasil membuat bermacam kemajuan untuk Filipina, terutama di sektor pertanian (ekonomi).
  3. Rezim diktator yang dibuat Marcos secara langsung maupun tidak telah berdampak buruk bagi kepercayaan Marcos dimata rakyat. Terutama setelah kematian senator ulung Benigno Aquino yang notebene merupakan tokoh yang paling menentang tindak otoriternya dalam pemerintahan.
  4. Hadirnya Corazon Aquino yang membawa semangat demokrasi warisan dari mendiang suaminya, berhasil menumbangkan kekuasan diktator Marcos dan membawa Filipina ke masa yang lebih baik.

 

  1. B.     Daftar Pustaka

A Kardiyat Wiharyanto. Sejarah Asia Tenggara, dari Awal Tumbuhnya Nasionalisme sampai Terbangunnya Kerjasama ASEAN. Yogyakarta : Penerbit Universitas Sanata Dharma. 2012.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Zulkarnain,%20M.Pd./Asia%20Tenggara%20Pasca%20Kemerdekaan%20PD.II_.%20Sinta%20Dkk.pdf (diakses pada 25 September 2013 pukul 20.10 WIB)

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s