Cerita Hati

The 2013’s Kaleidoscope : Risda’s Historical Moments (part 1)

             konbanwa, minna-san! see you again with me! ^_^ well, 2013 almost over. its inspiring me to share something to you. yeah, its about my story in this year. not just A STORY, but its more complicated and full of memory 🙂 cant wait? so lets see my kaleidoscope of the year, minna-san! 

*************************************

1. National Examination (UN)

UN-2013

national examination or also called Ujian Nasional always makes high school’s students depressed. to be honest, me too.

selain selalu sukses bikin gue dan temen-temen SMA sederajat depresi, UN juga selalu sukses bikin kontroversi. entah itu dikalangan pelajar, pendidik, pemerintah, sampai masyarakat awam. gue sadar banget, tingkat pendidikan di Indonesia yang belum semaju negara-negara lain, menjadikan UN ‘kambing hitam’ penentu kelulusan dan kecemerlangan pelajar. but, the fact is?

yah, paling ga, itulah sedikit ulasan gue kalo ngebahas UN. tapi, se-‘monster’ apapun, UN selalu meninggalkan bekas tersendiri buat gue. wanna know my reason?

alasan utama kenapa UN selalu ‘berbekas’ dihati gue adalah karena UN-lah gue bisa bener-bener ‘belajar’. for your information, I’n not a kind of diligent person! dan UN 2013 ini bener-bener yang paling bersejarah buat gue. why? because The 2013’s National Exam is the last exam for me! 😀

yups! tahun 2013 ini merupakan tahun terakhir gue ikut yang namanya UN. karena di tahun inilah gue bakal melepas status ‘pelajar’ yang melekat selama 12 tahun! (kalo ditambah pas TK ya jadi 13 tahun 😛 ) and hopefully, Allah swt. make it comes true… *blessed* O:)

2. Passed the SNMPTN’s Selection 

snmptn-2013

selain harus berjibaku sama UN, gue juga harus jungkir balik mempertahankan nilai-nilai raport gue biar bisa lulus seleksi SNMPTN atau yang lebih populer dengan sebutan Jalur Undangan. kenapa disebut jalur undangan? karena pelajar bisa dapet kesempatan emas buat masuk perguruan tinggi negeri without test! yang berarti, kalo lulus jalur undangan, lo itu megang tiket VVIP yang diperebutkan semua pelajar di Indonesia. bahkan sebelum pengumuman UN keluar, lo udah memastikan diri bisa kuliah di PTN pilihan lo. bangga banget ga, tuh? :-O

ada harga, ada rasa. pepatah itu kayaknya pas buat ngegambarin betapa sengitnya persaingan buat lulus jalur undangan. semua pelajar di Indonesia berlomba-lomba be the best here. ga peduli lo dari SMA terkenal kek, pinggiran kek, semua sama kalo masalah jalur undangan. karena sekali lagi, yang diutamakan disini adalah akademis pelajar yang bersangkutan. dan gue yakin, buat pelajar yang pingin ngelanjutin kuliah di PTN impian mereka, bisa masuk lewat jalur undangan itu bener-bener penghargaan tersendiri.

gue yang cinta berat sama sejarah dari jaman masih innocent, jelas harus pontang-panting berikhtiar sekeras mungkin menembus persaingan. dengan keputusan setelah berkonsultasi sama the best history teacher I ever had —Mrs. Wulan— dan guru konseling sekolah, gue mantep milih Universitas Negeri Yogyakarta sebagai satu-satunya PTN yang gue isi di kolom pilihan PTN jalur undangan 🙂

dengan pilihan pertama prodi Pendidikan Sejarah —karena cita-cita gue emang pingin jadi guru— dan Ilmu Sejarah di pilihan kedua, gue optimis gue bisa lulus! selain karena gue yakin (bukan bermaksud pamer lho!) sama kemampuan gue, di sekolah gue yang daftar Pendidikan Sejarah cuman gue doang! bayangin, dari hampir 1000 siswa diangkatan gue, yang milih sejarah cuman satu! gue merasa lega + prihatin sekaligus.

lega, karena saingan gue gaada. sekedar info, untuk SNMPTN tahun gue itu tiap sekolah dapet chance menempatkan 2 pelajarnya di prodi yang sama.

prihatin, karena minat pelajar Indonesia untuk mempelajari sejarah amat sangat rendah sekali pake banget! 😦 kalo temen-temen gue yang milih UNY jadi PTN inceran mereka sih bejibun. tapi yang milih sejarah? its nothing!

terlepas dari mixed feels itu, gue bener-bener merasa bersyukur karena akhirnya Allah swt mengabulkan doa gue! ^_^

snmptn

lo tau apa reaksi pertama gue pas tulisan itu terpampang di monitor? gue teriak Alhamdulillah kenceng banget! untung, warnet yang gue sambangi itu sepi. kalo pas lagi rame gue gabisa ngebayangin deh! hihihi….

dan peristiwa gue lulus jalur undangan ini menjadi salah satu anugerah terindah sekaligus peristiwa bersejarah buat gue… B-) I am so grateful for this!

3. Passed National Exam and Graduation Party

1001782_611670998843571_1585955358_n

sejujurnya, minna-san, gue lupa mana yang lebih dulu antara pengumuman UN sama pengumuman jalur undangan. tapi, karena pengumuman UN berkaitan erat dengan wisuda, yaudah, tanggalnya gue samain sama pas gue wisuda deh! 😛

ga ada yang bener-bener bikin masa SMA gue begitu ‘euphoria and so grateful’ selain pas gue dinyatakan lulus UN dan jalur undangan. kebahagiaan itu berlipat ganda pas SMA gue dinyatakan sebagai SMA dengan lulusan terbaik 2013 program IPA dan IPS! gilaaakkk! rasanya gue mau jingkrak-jingkrak! *lol*

oh ya, foto diatas itu foto ketua osis gue, —yang juga adek kelas + junior  gue di ekskul basket bernama Muhammad Arbi— lagi ngasih sambutan buat kakak-kakaknya ^_^

walaupun gue sempet gondok gara-gara dresscode wisuda itu batik, tapi gue akhirnya bisa enjoy di wisuda gue. selain karena dateng with my beloved otoo-san , wisuda menjadi saat terakhir gue ngerasain masa putih abu-abu 🙂

*************************************

                 hoaaammsss…. ga kerasa, gue udah cukup lama mantengin komputer nih, minna-san! mata gue udah lengkket aja nih! -_- padahal masih ada 10 momen lagi yang gue belom share! >_< but, don’t worry. I’ll come back tomorrow. so, stay tune in my blog! :-*

Leave a Reply

