Anything

KARATE : Antara Seni dan Beladiri

konnichiwa, minna-san! kali ini gue mau posting tentang karate nih! 😀 sebenernya sih, ini jadi salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia beberapa minggu lalu. tapi baru kesampean posting sekarang. maklum deh, gue lagi sibuk banget nih… *ngakak*

well, I hope you like my article, minna-san! 

**************************************************

Menjadi salah satu olahraga andalan di Indonesia, karate tidak hanya rajin menyumbangkan medali pada perhelatan akbar kompetisi olahraga, tapi juga menyumbangkan ‘doktrin’ olahraga baru mengenai apa sebenarnya arti dari sebuah olahraga cabang seni beladiri.

 

karate

 

 

Seni beladiri berasal dari bahasa Inggris, Martial Art. Secara harfiah, ‘martial art’ atau seni beladiri adalah cabang olahraga yang khusus mengajarkan cara bertahan (survive) dari serangan musuh, atau sejenisnya.

Di negara asalnya, karate menjadi salah satu ikon olahraga favorit masyarakat Jepang. Kompleksitas karate tidak menjadikannya olahraga yang rumit, melainkanolahraga yang walaupun keras, tapi memiliki nilai estetika yang tinggi.

20121031-japan-sun

 

 

Tidak seperti kebanyakan olahraga beladiri yang lain, karate memiliki tingkat kompleksitas yang sempurna. Jika kebanyakan olahraga beladiri lain hanya berkutat pada cara-cara untuk ‘mematikan’ musuh, maka karate sebaliknya.

Karate benar-benar menunjukan kita apa yang disebut ‘Olahraga Seni Beladiri’. Hal ini tampak di semua gerakan karate, yang tidak hanya mengajarkan cara ‘mematikan’ musuh, tapi juga seni dalam ‘mematikan’ tanpa disadari musuh itu sendiri.

Contoh yang paling sederhana adalah saat gerakan kata beregu. Kata , secara sederhana dapat diartikan sebagai jurus. Pada saat perhelatan kompetisi karate, materi kata tidak pernah absen. Alasannya sederhana. Karena kata, —terutama kata beregu— merupakan identitas karate yang paling solid. Semua elemen seni dan beladiri lengkap tersaji dalam gerakan kata yang berirama indah. Lembut tapi menusuk. Cepat tapi akurat. Pelan tapi efektif. Pāfekuto! B-)

Karate sebagai salah satu cabang olahraga seni beladiri memiliki implementasi yang kuat. Seni dan beladiri, penerapan atau implementasinya tampak nyata dalam karate. Ya, karena ‘seni’ dan ‘beladiri’ tidak bisa dipisahkan dari sebuah olahraga bernama karate.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s