Buah Pena

Calon Adik

“ Psstt,,,mba! Udah tau kabar terbaru belum?? “ bisik Arum, -adikku-. “ Belom. Kabar apaan emang?? “ responnya cuek. Ia sibuk mengetik makalah tugas Sejarahnya. “ Tapi mba janji dulu ya, jangan bilang siapa-siapa?? “ ujar adikku takut-takut. “ Hmmm,,,” gumamku tak jelas. Aduhh,,jadi salah kan?! Gerutuku dalam hati. Ini anak kenapa sih?? Tumben-tumbenan mau cerita sama aku?? Pikirku heran.

“ Itu loh, mba. Katanya ibu udah hamil 3 bulan.,,” lirih adikku berkata. Sedetik kemudian aku menjerit histeris. “ APPAAA??? Kamu ngomong apa tadi?? Ibu hamil 3 bulan?? Gak salah nih?? “ tanyaku panik.

“ Ihhh,,,dibilangin jangan keras-keras juga??!! “ adikku ngedumel. “ Eh,, jawab kowh??!! Gak salah nih?? “ tukasku sewot. “ Makannya, dengerin orang lagi ngomong,,,jangan ngetik mulu, “ omel Arum. “ Bawel! Itu bener gak sih?? Awas loh,,kalo boong??!! “ ancam ku.

“ Ihh,,,ngeyel ! orang beneran juga… udah deh, Arum mau keluar aja ! pusing sama mba Rinda ! “ adikku pun keluar kamar. Meninggalkan aku yang terpaku bego. Otakku masih gak berfungsi untuk beberapa menit lamanya. Sibuk mencerna perkataan Arum barusan.

“ Ibu lagi hamil?? 3 bulan?? Berarti aku mau punya adik lagi?? “ gumam ku sangsi. Kesal dengan yang dikatakan Arum barusan, aku membanting pintu. “ Shit ! aku udah gede kali??!! Masa mau dikasih adik lagi??!! “

Diluar, adiknya berteriak kesal. “ Mba Rindaa!!! Jangan banting-banting pintu! “. Untung ibu dan ayahnya sedang pergi. Rinda gak dapet omelan tmabahan karna telah membanting pintu kamarnya.

Rinda bingung. Kesal lebih tepatnya. Semalaman itu ia uring-uringan terus. Mau tanya pada ibu, tapi adiknya langsung menahan. “ Jangan tanya-tanya dongg,,,ntar Arum yang diomelin, “ pintanya. Aku juga bingung. Terkadang jika ia sedang mudik, -Rinda kost, karna sekolahnya jauh- adiknya suka memberi kabar yang gak diduga. Tapi, untuk yang satu ini, ia heran adiknya nguping dimana!

Esoknya, saat tante Rina main kerumah, didorong rasa penasaran yang menggunung, Rinda bertanya padanya. “ Ehem,,Tan,,,emang ibu lagi hamil 3 bulan ya?? “ tanyaku. Sesaat ku lihat air muka tante Rina berubah. Ia tampak enggan berbicara. “ Husst,,itu namanya karunia. Udah jangan tanya-tanya lagi, “ ujarnya. Aku mendengus sebal. Huh,,ternyata bener! Aarrgghh… aku mesti gimana nih??!! Pikirnya kesal.

                  *****

      Esoknya, disekolahpun Rinda masih uring-uringan. Ia masih shock dengan kabar bahwa ibunya akan memberikan seorang adik baru. Nurul, teman sebangkunya menyadari ada yang tidak beres pada Rinda.

“ Rin,,kamu kenapa sih?? Kok dari tadi uring-uringan terus??? “ tanyanya.  “ Aku lagi sebel banget nih!!! Bête,,bête,,bete !!! “ umpatnya.

“ Iyaa,,tapi kenapa??? “ tanya Nurul sabar. Akhirnya, diceritakan semua tentang kehamilan ibunya pada Nurul. Selengkap-lengkapnya! Termasuk keengganannya jika ibunya hamil lagi.

“ Emang kenapa sih, kalo ibumu mau kasih adik?? “ respon Nurul malah bingung. “ AArrgghh,,,kamu tau kan, Rul?? Aku udah gede! Udah 15 tahun ! mau dikasih adik bayi??!! You know?? The baby!!! “ dengusku kesal.

Nurul hanya geleng kepala. “ Yaa,,,aku juga bingung nih.. ya udah laahh,,kamu yang sabar ajaa,,”. “ Aku gak bisa sabar taauu??!! Punya adik satu aja, udah kaya punya adik 5??!! Ini mau ditambah lagi! Padahal sebentar lagi adikku mau masuk SMP, aku juga kan udah SMA,,,banyak pengeluaran… kesiaannn ortu aku,, Rul… “ keluhku panjang lebar.

Gadis berjilbab itu manggut-manggut. “ Iyaa,, Rin. Aku ngerti. Tapi mau gimana lagi?? Yaaa, kamu berdoa ajaa, biar ortumu dikasih rizki lebih sama Allah,,,” nasihatnya. Dalam hati aku mengamini ucapannya. Tapi tetap ga bisa terima kenyataan.

            ***

      2 minggu kemudian,,,

Rinda sedang sibuk-sibuknya menyalin pe-er matematika Nurul saat hapenya bergetar. Dirogohnya saku rok. Ayah??? Tumben bener telpon pas disekolah??? Pikirku bingung. Tanpa pikir panjang ku jawab telpon ayah. “ Assalamualaikum, Yah.. tumben telpon, ada apa?? “ tanya ku.

“ Kamu bisa izin ninggalin pelajaran dulu gak??? Kerumah sakit sekarang yaa?? “ Ayah berkata panik. Diseberang, ku dengar hiruk-pikuk suara orang. Aku bingung hatus menjawab apa. “ Eh?? Kerumah sakit?? Siapa yang sakit, Yah?? “.

“ Ibumu tadi jatuh di kamar mandi. Ayah khawatir ibu keguguran, “. Deg. Kurasakan entakan keras memukul jantungku. Sepersekian detik aku tak bisa berbicara. “ Rinda!! Halo, Rinda. Kamu masih disitu kan?? “ panggil ayah.    “ Eh,,i-iya,,! Ntar Rinda usahain minta izin,, Yah!! Ayah tunggu aja. Nanti Rinda kabarin, “. “ Oke,,ayah tunggu. “ telpon ditutup.

            ***

      Rinda terduduk lemas disofa kamar rawat ibunya. Seharian ini ia dirumah sakit menunggui ibunya bersdam Auah dan tante Rina. Ibunya masih tak sadarkan diri saat tahu janin yang dikandungnya meninggal. Gadis tomboy itu menatap sendu pada ibunya yang terbaring lemah. “ Ya Allah… maafin Rinda,,,aku gak bermaksud bikin ibu keguguran,,,” gumamku sambil menangis. Ku rasakan tepukan hangat mendarat di bahuku.

“ Rin,,kamu pulang aja ya?? Dari pagi kamu kan belum istirahat. Dari sekolah langsung kesini. Kamu juga harus ganti baju. Pasti kamu cape, “ kata Ayahnya lembut. Aku menangis dipelukan ayah. “ Yah,,,maafin Rinda,,,.. Rinda gak pernah bermaksud nolak dikasih adik,,. Rinda,,Rinda cuma kasian sama ayah dan ibu aja kalo harus bekerja lebih keras buat Rinda, Arum, sama adik bayi nanti… maaf,,,Ayah… “ tutur ku.

“ Sayang, ini bukan salah kamu… mungkin emang Allah belum ngizinin aja… kata dokter ibu juga sebentar lagi siuman kok.. kamu gak usah minta maaf, Nak…” ujar Ayah lembut. Aku masih menangis. Kasihan terhadap ibu. aku meratap sedih, “ Ya Allah… Selamatkanlah ibu. Dan sekali lagi hamba mohon maafkan hamba yang telah marah atas karunia yang Engkau anugerahkan pada ibu… “

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s