Anything

Latar Belakang Makalah Sejarah Kepariwisataan : Industri Pariwisata

Pariwisata memiliki korelasi yang erat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Perkembangan pariwisata yang sangat dinamis, memungkinkannya untuk menjadi suatu disiplin ilmu tersendiri. Dewasa ini pariwisata sudah berkembang tidak hanya sebagai disiplin ilmu, tapi sudah merambah menjadi suatu bidang ekonomi, yaitu industry pariwisata.

Industry pariwisata merupakan rangkuman dari berbagai macam bidang usaha, yang secara bersama-sama menghasilkan produk-produk maupun jasa-jasa atau layanan-layanan (services), yang nantinya, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan dibutuhkan oleh para wisatawan selama perlawatannya[1]

Jadi, secara garis besar penulis dapat menyimpulkan bahwasanya industry pariwisata adalah semua upaya kegiatan yang dilakukan dan menghasilkan suatu barang atau jasa dalam kepariwisataan. Adapun dalam makalah ini, ruang lingkup industry pariwisata yang akan penulis kaji yaitu tentang travel agent, tour operator, hotel dan restoran, serta penyaji atraksi wisata.

[1] A. Hari Karyono, 1997, Kepariwisataan, Jakarta : PT. Grasindo, hlm. 24.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s