Anything

Latar Belakang Makalah Sejarah Indonesia Masa Islam : Teori Masuk dan Berkembangnya Islam ke Indonesia mengenai Kajian Waktu dan Asal

Banyak ahli yang masih meragukan awal pertama masuknya Islam di Indonesia. Akan tetapi menurut sejumlah ahli mendefinisikan bahwa awal masuknya Islam di Indonesia pada abad pertama hijriyah atau abad ke 7 / 8 Masehi. Ini mungkin didasarkan pada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun di Leran dekat Surabaya yang bertahun 475 H atau 1082 M.

Sedangkan menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudera Pasai dalam perjalanannya kenegeri Cinapada 1345 M, Agama Islam yang bermazhab syafi’I telah mantap di sana selama seabad. Oleh karena itu, berdasarkan bukti ini, abad XIII biasanya dianggap sebagai masa awal masuknya agama Islam ke Indonesia. Adapun daerah pertama yang dikunjungi adalah pesisir Utara pulau Sumatera. Mereka membentuk masyarakat Islam pertama di Peureulak Aceh Timur yang kemudian meluas sampai bias mendirikan kerajaan Islam pertama di Samudera Pasai, Aceh Utara.

Sekitar permulaan abad XV, Islam telah memperkuat kedudukannya di Malaka, pusat rute perdagangan Asia Tenggara yang kemudian melebarkan sayapnya kewilayah-wilayah Indonesia lainnya. Pada permulaan abad tersebut, Islam sudah bias menjejakkan kakinya ke Maluku, dan yang terpenting kebeberapa kota perdagangan di pesisir Utara pulau Jawa yang selama beberapa abad menjadi pusat kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Majapahit. Dalam waktu yang tidak terlalu lama yakni permulaan abad XVII, dengan masuk Islamnya penguasa kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung, kemenangan agama tersebut hamper meliputi sebagian besar wilayah Indonesia. (Ajid Thohir. 2009 : 290).

Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari periode perdagangan yang dilakukan para pengembara untuk mencari rempah-rempah dan atau berbagai hasil bumi lainnya. Sejak awal abad masehi, sudah ada rute-rute pelayaran dan perdagangan antara kepulauan Indonesia dengan berbagai daerah di daratan Asia Tenggara (Badri Yatim, 2008 : 191).

Menurut hemat penulis dari berbagai sumber yang kami baca, masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia dapat dibagi kedalam 3 fase, yaitu :

  1. Singgahnya pedagang-pedagang Islam di pelabuhan-pelabuhan Nusantara. Sumbernya adalah berita-berita atau manuskrip dari luar negeri, terutama Cina.
  2. Adanya komunitas-komunitas Islam di beberapa daerah di kepulauan Indonesia. Sumbernya selain dari berita asing juga makam-makam Islam.
  3. Berdirinya kerajaan-kerajaan Islam.

Berbeda dengan masuknya Islam kebeberapa Negara-negara di bagian dunia lainnya yakni dengan kekuatan militer, masuknya Islam di Indonesia itu dengan cara damai disertai dengan jiwa toleransi dan saling menghargai antara penyebar dan pemeluk agama baru dengan penganut-penganut agama lama (Hindu-Budha). Oleh karena itu penulis tertarik dengan proses awal masuknya Islam ke Indonesia dengan sudut pandang waktu dan asal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s