Anything

47 Ronin : Kisah Kesetiaan Para Samurai yang Tak Lekang oleh Waktu

47-ronin-japanese-poster

 

Judul Film                   : 47 Ronin (Fourty-seven Ronin)

Genre Film                  : Action, Adventure

Sutradara                     : Carl Rinsch

Pemain                        Keanu Reeves, Hiroyuki Sanada, Kou Shibashaki

Tanggal Rilis               :19 Desember 2013

Jepang menjadi salah satu Negara yang patut dijadikan contoh mengenai sifat-sifat terpuji rakyatnya. Keteladanan yang telah dipupuk sejak dahulu ini terus bertahan sampai sekarang. Salah satu sifat terpuji rakyat Jepang yaitu kesetiaan.

Setelah sukses dengan film ‘Hachiko’, industry perfilman Hollywood kembali mengangkat kisah kesetiaan dari Jepang. Kali ini tentang kesetiaan para samurai kepada tuannya.

47 Ronin mengisahkan tentang 47 samurai yang menjadi ronin atau samurai tanpa tuan setelah kematian Raja Asano (diperankan oleh Min Tanaka). Raja Asano inilah yang nantinya menjadi titik balik dari kisah para ronin tersebut. Kematian sang raja memicu pembalasan dendam yang ingin dituntaskan oleh para ronin tersebut.

Kisah ini dimulai saat zaman Edo, sekitar tahun 1701 dibawah pimpinan Shogun Tsunayoshi (diperankan oleh Cary-Hiroyuki Tagawa). Bersetting di perfektur Ako, dan masih memperlihatkan kekhasan alam Jepang pada masa lalu, film ini cukup menarik untuk diulas.

Cerita diawali saat seorang anak laki-laki berdarah campuran yang melarikan diri ke hutan Tengu, hutan yang dianggap keramat oleh masyarakat Ako karena dipercaya sebagai tempat tinggal iblis-iblis jahat. Anak laki-laki tersebut bernama Kai (diperankan oleh Daniel Barber saat kecil dan Keanu Reeves saat dewasa) dan beruntungnya, saat jatuh pingsan akibat kelelahan saat melarikan diri, ia diselamatkan oleh Raja Asano yang sedang berburu dengan pasukannya.

Kai bersahabat dengan putri tunggal Raja Asano yang bernama Mika (diperankan oleh Kou Shibasaki). Persahabatan yang kemudian berubah menjadi percintaan diantara mereka memicu ketegangan karena perbedaan derajat, terlebih lagi setelah putri Mika dipinang oleh Raja Kira (diperankan oleh Tadanobu Asano) dari perfektur Oki.

Raja Kira yang memang sudah memiliki niat jahat, berusaha untuk menjatuhkan kredibilitas Raja Asano saat turnamen terbuka yang diadakan oleh Raja Asano untuk menyambut Shogun Tsunayoshi. Raja Kira yang dibantu oleh penyihir wanita jahat (diperankan oleh Rinko Kukichi). Raja Asano yang sedang beristirahat di kamarnya disihir oleh penyihir tersebut dengan racun halusinasi yang menyebabkannya melukai Raja Kira didepan Shogun Tsunayoshi. Akibatnya, Raja Asano dihukum oleh Shogun Tsunayoshi untuk melakukan seppuku dihadapan seluruh rakyatnya. Selain itu Mika diharuskan kawin dengan Kira dalam waktu satu tahun kemudian. Oishi yang merupakan jenderal dan tangan kanan raja Asano dikurung dalam sumur dalam waktu satu tahun juga sedangkan pasukannya dibubarkan dan hidup berpencar.

Setahun sudah berlalu dan Oishi dibebaskan demikian juga Mika dan Kira akan melangsungkan perkawinannya. Oishi mengumpulkan mantan pasukannya dan memimpinnya untuk balas dendam dan hal pertama yang dilakukannya adalah mencari Kai. Ternyata Kai sudah dijual sebagai budak di pulau Belanda. Oishi memberitahu Kai bahwa waktunya sangat sedikit untuk menyelamatkan Mika dan membalas dendam atas kematian tuannya.

Orang-orang sudah dikumpulkan tetapi masih dibutuhkan pedang untuk bertarung sedangkan desa penghasil pedang sudah dibumi hanguskan oleh pasukan Kira. Kay mengusulkan untuk pergi ke hutan Tengku, tempat Kai belajar bertarung waktu kecil. Namun untuk mendapatkan pedang maka tergantung dari niat Oishi melalui tes dan berhasil.

Serangan kepada Kira dilakukan pada saat pergi ke suatu tempat namun ini hanya jebakan yang dilakukan oleh penyihir wanita. Banyak korban yang terjadi pada pasukan Oishi, termasuk Oishi dan Kai dianggap sudah tewas dalam pertarungan itu, Tak menunggu lama, serangan kedua dilakukan pada acara hiburan persiapan perkawinan Kira dan Mika. Untunglah ada kelompok hiburan tari yang diundang untuk mengisi acara tersebut bersedia membantu untuk menyusupkan Kai, Oishi serta pasukan yang berjumlah 47 orang (termasuk Oishi).

Kira berhasil dibunuh oleh Oishi dengan memenggal kepalanya sedangkan penyihir wanita dapat dibunuh oleh Kay. Penyihir bisa merubah wujud menjadi seeokor naga besar yang panjang dan wujud naga ini mengikuti versi asia yang mirip ular bukan versi barat dimana naga mempunyai sayap.

Shogun Tsunayoshi menghukum Oishi dan Kai serta pasukannya dengan cara Seppuku. Chikara diampuni agar garis keturunan Oishi tidak musnah. Jadi ada 47 orang (termasuk Kai) yang melakukan bunuh diri.

Film ini menarik karena sebagian besar para pemainnya adalah orang Jepang namun bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Terlepas film ini sesuai atau tidak dengan aslinya maka patut diapresiasi hasilnya yang benar-benar made in Hollywood bukan seperti biasanya film Jepang. Pemandangan alam yang indah dan menarik berlokasi syuting di Hongaria dan Inggris menambah rasa kagum.

Keanu Revees bermain dengan baik termasuk dalam adegan berkelahi dengan pedang samurai. Hiroyuki Sanada bermain dengan cemerlang yang menunjukkan raut muka seorang petarung yang penuh dendam. Kou Shibasaki terlihat cantik dan mampu mengekspresikan kesedihan dengan baik. Rinko Kikuchi dapat bermain dengan semestinya sebagai seorang tokoh jahat.

Spesial efeknya juga bagus dengan menampilkan monster-monster yang mirip dengan aslinya. Gerakan yang halus dan nyata seolah-olah bukan buatan komputer. Gerakan dan kelebatan penyihir juga ditampilkan dengan baik. Kisah ini pun ‘diabadikan’ dalam sebuah perayaan khusus di Jepang setiap tanggal 14 Desember, yakni upacara Geishisai.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s