Anything

Review Buku Mengerti Sejarah

Judul Asli Buku        : Understanding History : A Primer of  Historical Method

Penulis                        : Louis Gottschalk

Judul Terjemahan    : Mengerti Sejarah

Penerjemah                : Nugroho Notosusanto

Penerbit                      :UI Press

Kota Terbit                : Jakarta

Tahun Terbit             :1985

Jumlah Halaman       : 259 halaman

Nomor ISBN              : 979-8034-27-9

 

Buku yang memiliki judul asli Understanding History: A Primer of Historical Method ini menjadi buku terakhir yang penulis review. Sebagai salah satu buku pegangan mahasiswa atau mereka yang berkecimpung di sejarah, buku yang diterjemahkan oleh Nugroho Notosusanto ini memiliki ciri yang cukup berbeda dari kedua buku sebelumnya.

Terdiri dari dua belas bab dengan hampir belasan sub-bab, menjadikan buku Memami Sejarah ini cukup ‘berat’ dibaca. Kedua belas bab yang terangkum dalam buku ini, diantaranya yaitu : Bab 1 Penilaian terhadap Penulisan Sejarah, Bab 2 Hubungan Antara Metode Sejarah drngan Hidup dan Ilmu, Bab 3 Apakah “Sejarah” dan “Sumber Sejarah”?, Bab 4 Memilih Subjek dan Menemukan Informasi Mengenainya, Bab 5 Darimana Datangnya Informasi Sejarah?, Bab 6 Masalah Autentitas atau Kritik Ekstern, Bab 7 Masalah Kredibilitas atau Kritik Intern, Bab 8 Mempelajari (dan Mengajar) Teknik-teknik Sejarah. Bab 9 Sepatah Kata Mengenai Langgam dan Komposisi, Bab 10 Masalah Seleksi, Penyusunan, dan Tekanan, Bab 11 Masalah Sebab, Motif, dan Pengaruh, dan bab terakhir yaitu Sejarahwan dan Masalah-masalah Masa Kini.

Isi kedua belas bab tersebut tidak akan penulis uraikan secara mendetail. Setidaknya, terdapat tiga bagian penting untuk mengerti sejarah seperti yang diharapkan Louis. Dua bab awal dalam buku tersebut merupakan bagian pertama, yang membahas tentang apa yang sebetulnya menjadi sasaran dari sejarawan itu sendiri. Selanjutnya, dimulai dari bab tiga sampai sembilan tergabung menjadi bagian dua, yaitu membahas mengenai metode-metode penelitian sejarah. Terakhir untuk bab sepuluh sampai duabelas merupakan bagian ketiga, yakni berkaitan dengan teori sejarah.

Dari keduabelas bab tersebut, secara garis besar memang sama dengan buku-buku sebelumnya. Adapun isi atau bagian yang khusus penulis ambil dalam penelitian skripsi terdapat pada bagian kedua, yaitu tentang metode-metode sejarah. Menurut penulis, terdapat perbedaan mendasar pada buku Louis Gottschalk ini berkaitan dengan langkah-langkah sejarawan untuk melakukan penelitian. Dimana pada tahap atau langkah awal, baik Kuntowijoyo maupun Hisjam, mengatakan bahwa perlu adanya pemilihan topik. Sedangkan Louis mengatakan tidak perlu. Jadi, dalam bukunya ini kita sebagai sejarawan tidak akan menemui ‘pemilihan topik’ sebagai salah satu langkah dalam penelitian sejarah. Sebagai gantinya, Louis memaparkan bahwa menentukan subjek lebih penting untuk dilakukan.

Selain perbedaan dalam langkah awal, tetapi setelahnya relatif tidak ada perbedaan mengenai langkah-langkah melakukan penelitian sejarah. Penyebutan istilah menurut penulis juga bukan menjadi kendala yang berarti untuk benar-benar memahami apa yang diuraikan Louis. Hanya saja, karena buku ini sendiri merupakan terjemahan, tetap saja ada pokok-pokok tertentu yang menurut penulis agak sulit dipahami. Mungkin lebih baik jika ada daftar istilah-istilah tertentu yang memang merupakan kata dari bahasa asli buku ini. Walaupun demikian, seperti apa yang telah penulis katakan, buku ini worth to read bagi mereka yang sedang melakukan penelitian sejarah. Meskipun penulis pribadi lebih cenderung pada kedua buku sebelumnya, buku karya Louis ini tetap bagus untuk dijadikan pegangan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s