Cerita Hati

5 Facts versus 5 Opinions (Day 8 @KampusFiksi Writing Challenge) 

Makin hari (semoga bukan cuma gue) event si momon mau selesai, entah kenapa challenge nya malah makin susah yaaa T____T and yes, I’m so damn confused how to describe this 8th topic! 

Hmmm baiklaahhh setidaknya challenge ini berhasil bikin gue : 

✅Ngubek-ubek galeri folder screenshot demi liat chats mereka yang sering ‘komplain’ tentang gue

✅ Ngechat mereka yang dalam kurun waktu setahun terakhir baru ketemu gue! 

Okelah, daripada kelamaan, cekidot aja ya! 😉

1. Risda itu… IMPULSIVE 

Yup, gue itu punya tipologi kepribadian 4 cenderung 1. Pengukuran itu emang udah lama sih, pas gue masih masa putih -abu. Tapi gue bisa jamin itu masih valid kok! Well, yang gak tau tipologi kepribadian itu apa, silakan tanya ke guru BK di SMA nya aja ya. Hahahaha. Orang-orang yang baru kenal gue mayoritas beropini, “Risda kalem ya~” 

Oke, setelah gue denger itu –sampe bosen, sejujurnya– rasanya kaya ada yang bilang : SQUIDWARD ITU TERNYATA ANAKNYA MR. KRABS JUGA LOH! 

Yup, it’s such a bullshit. 

Gue engga kalem, apalagi lemah lembut, dan ataupun penuh perhitungan. Gue itu yaa.. impulsif. Act first, think later. Ga heran sih kalo ujung-ujungnya gue pasti melakukan kecerobohan. Tapi ga banyak kok! Hehehehe. Buat gue, kalo kita kelamaan mikir, kesempatan yang ada di depan mata bisa lenyap. Dan karena sifat gue ini juga, gue kaya ‘cacing kepanasan’ alias ga bisa diem. Emang sih, tiap tindakan pasti ada resikonya. Gue pun sebagai orang impulsive, Alhamdulillah punya refleks yang bagus. Jadi kalo ‘celaka’ gegara kecerobohan nyaris ga pernah fatal kok. Wkwkwkwk. 

2. Risda itu… CARE

Nah, kalo yang ini sebenernya gue ga terlalu ngerti gimana pendapat orang sih. Soalnya ketika mereka udah bilang, “Risda kalem ya, tapi judes bin jutek nan galak.” Seriously, I just can’t stop laughing. 

Gue emang ga kalem, tapi untuk urusan judes dan galak, okelah I admit it. Sikap gue yang kaya ‘mak lampir’ itu sebenernya gak lain karena mekanisme *sok saintis dikit* pertahanan gue buat ngasih perhatian tanpa terkesan meremehkan. Iya, karena ga semua orang suka ‘diperhatikan’ sebab akan membuat mereka tampak ‘lemah’. Padahal, buat gue sendiri ketika ada yang perhatian sama lo, gak selalu berarti dia modus atau pamrih sama lo. Bisa jadi karena dia benar-benar peduli sama keadaan lo. ☺

Khusus buat gue, bentuk perhatian gue ke mereka yang gue pedulikan emang agak ‘aneh’ sih. Biasanya, semakin gue judes bin galak itu karena gue bener-bener perhatian sama mereka. It’s not a rage, honestly. Just trust me ; when someone doesn’t get mad or upset or get annoys with every details anymore, you can almost guarantee that she/he is also no longer cares about you. 

Pssstt… Jadi, kalo pacar lo masih judes dan galakin lo untuk hal-hal tertentu, please be grateful! Itu tandanya dia masih sayang dan peduli sama lo. Nah kalo dianya udah diem bin cuek bebek sama lo, siap-siap kehilangan deh. Hihihihi. 😝 

3. Risda itu… TALK-ACTIVE

Ini masih berhubungan sama poin pertama dan kedua sih. Banyak yang ‘kecele’ dan berasumsi kalo gue pendiem. Beuuhh padahal aslinya kalo udah ngomong, susah di stop nya! Apalagi kalo bahas film, komik, sama bidang ilmu sosial (except politic cause I truly hate that!) gue jamin lo bakalan susah ngerem ocehan gue! 😂 

4. Risda itu… SARCASTIC

Kalo ini, rada gemes sih gue jelasinnya. Abis gimana ya? Kadang tuh adaaa aja orang yang pas gue lagi nyeletuk apalah eh dianya malah ketawa. Sampe ngakak kadang. Padahal gue gak ada niatan ngelawak sama sekali loh. I was intending to ngejek sesuatu atau seseorang, tapi tanpa bikin ‘objeknya’ sakit hati. Jadi kadang suka gemes dan heran sendiri kalo pas gue sarkas nya lagi mode on malah dibilang humoris 😓😑

Pssstt.. ini salah satu kejadian di tempat kita magang pas gue nemenin temen penelitian :

👩Ya ampun ini murid-muridmu kemana sih??? Lama bener! Sholatnya di Mekah kali ya? 

👧*ketawa* ih, Risda mah. Masa di Mekah sih??

👩Ngeselin sih lagian. Udah 30 menit loh ini. Bentar lagi bel istirahat kan udah mau bunyi. 

👧Hahaha iya tapi ga perlu bawa-bawa Mekah segala, Ris. 

👩Ye maap deh. Gemes kadang. Mushola deket gitu kok pada lelet bener deh ah. 

👧Ckckck calon guru dikontrol tuh sarkasnya. Ntar dikira ngelawak loh sama murid-muridmu. Hahahaha

Dan sampe sekarang masih jadi misteri kenapa disaat gue berniat ngelawak malah jadi garing, tapi kalo sarkas malah laris manis! 😭😥

5. Risda itu… SENSITIVE

Fakta terakhir tentang gue yang juga berkebalikan dengan opini orang kebanyakan. They thought that I am kinda : ini-hidup-gue-bodo-amat-sama-orang-lain. 

Yup, gue sering di cap ga peka, dan terlalu cuek sama orang. Padahaaalll gue cuman ga terlalu suka ‘main kode’ aja. Because it can causes miscommunication. Buat gue, kalo ada apa-apa ya ngomong langsung. Ga usah segala kode. Selesai kaga, mumet iya! 

Lagi-lagi, karena sifat gue yang terlalu impulsif binti blak-blakan banget itulah, banyak yang nganggep gue ga pedulian dan ga punya empati atau kepekaan. Aslinya sih, kalo mereka mau lebih cermat, gue malah tipikal yang gampang sensi dan baper loh. Apalagi kalo udah terkait sama hal-hal yang berbau ‘romantisme’. Yet, I only show those up through the words. Hehehe, karena gue kesusahan buat ber-sensitive-ria kalo secara tindakan langsung. Dan ya, mungkin ini sebabnya kategori ‘Cerita Hati’ gue bener-bener isinya ‘sampah’ hasil kepekaan gue doang! 🙈😆

Ne, minna itulah tadi hasil challenge hari kedelapan! Semoga kalian ga makin mikir yang aneh-aneh tentang gue setelah baca post ini yaaa 😘 

2 thoughts on “5 Facts versus 5 Opinions (Day 8 @KampusFiksi Writing Challenge) 

  1. Jadi intinya freak gitu ya? *dilempar ember*
    Eh gue pnya bnyk tmn cewe judes, biasanya judes mereka tuh klo ketemu org baru/gaje. Tapi klo udah klik, asik bgt buat diajak ngobrol. Gue biasa ngadepin cewe judes, sebab muka nyokap gue judes. Jadi hatam deh. Hahaha

Leave a Reply

