Cerita Hati

Balada Mahasiswa Sejarah Pejuang Skripsi Historis

Tugas Akhir Skripsi. 

Well, kayaknya hal tersebut diatas menjadi nightmare buat seluruh mahasiswa jenjang strata satu dari prodi apapun! Termasuk mahasiswa prodi sejarah (baik yang pendidikan maupun ilmu murni) kaya gue gini. *menghela nafas* 

Teorinya, skripsi ga susah-susah amat karena selama perkuliahan kita udah dibiasakan buat bikin tugas yang kebanyakan bentukannya makalah, jurnal, dsb. Nah, si skripsweet ini sebenernya juga ga beda jauh kok. Satu-satunya yang menjadi pembeda adalah kita dibebaskan menentukan topik sesuai minat dan kemampuan kita. So, it supposed to be easy, isn’t it? 

Yahhh meski begitu harapan emang ga sesuai kenyataan. Prakteknya, skripsi historis buat mahasiswa sejarah itu bisa jadi mimpi buruk terutama pas : 
➖ Topik yang mau kita angkat sumbernya susah setengah mampus dicari. Eh giliran dapet, validitasnya meragukan. 

➖ Crash antara kemauan pejuang skripsi dengan dosbing terutama soal pendekatan yang mau diambil. Misal, kita maunya ambil politik, eh dosbing kekeuh kudu pake sosial. 

➖ And the worst is… You got a ‘killer’ lecture! 

Yaudah abis itu banyak-banyakin tobat deh. 😭

Banyak alasan dibalik pemilihan skripsi historis. Mahasiswa satu bisa berbeda dengan mahasiswa lainnya. As for me, satu-satunya alasan gue buat milih skripsi historis mungkin lebih ke arah : 

Udah capek-capek kuliah 7 semester kemaren, gue ga mau kalo ga ambil historis! Mubazir dong ntar ilmunya??

Weitsss gue minta buat temen-temen mahasiswa sejarah yang non-pejuang-skripsi-historis JANGAN ngamuk loh ya. Since it’s just my opinion. *kedip mesra*

Iya, gue akuin I’m such a stubborn and idealistic person. Tapi mau gimana lagi ya? Gue mending merasa susah di awal ‘berdarah-darah’ nyari sumber daripada gue ambil skripsi pendidikan tapi ‘berdarah-darah’ pas pendadaran! It’s definitely a BIG no! Thus, for what I found, my seniors mostly agreed with me. Mungkin emang kalo di awal itu susah menyelesaikan skripsi historis. Kendalanya juga itu-itu aja. Sumber yang limit atau dosbing. Classic. 

Therefore, when it comes into ‘pendadaran’ they said kalo yang ambil skripsi historis bisa lebih ‘aman’. Kalau skripsi non historis alias pendidikan belum bisa menjamin sebab salah dikiitt aja ketika pengambilan variable dan atau sample kalian bakal ‘diuber’ terus dan terancam menghabiskan waktu di ruang pendadaran lebih lama dari yang ambil historis.

Demo ne… Itu semua balik ke opini kakak-kakak tingkat yang kebetulan gue tanyain. Percaya enggaknya balik individu masing-masing lah. Yet, I decided to trust them. Since I did feel that ‘rough’ condition. 😥 

Momen kampret nya mungkin ketika curhat (lagi) ke salah satu senior yang notebene doi bukan penganut “ngapain kuliah di lama-lamain” kek gue, dan doi dengan entengnya bilang : YAUDAH NIKMATIN AJA! Sambil ketawa ngakak. Ya Allah untung cuma via Line. Kalo curhat langsung pingin gue selengkat deh. 😤 

Untungnya, walaupun ada sedikit sesal karena kekeuh ambil historis, gue bersyukur karena bisa dipertemukan orang-orang hebat. Relasi gue juga makin luas. Contoh gampang nya sih pas gue ke Jakarta dan Purwokerto buat nyari arsip. Yaa walaupun awalnya sempet mau nangis karena arsipnya pake bahasa belanda semua, Allah ngasih jalan buat gue sehingga bisa dapet alternative penyelesaian lain. Poin plusnya, gue punya sahabat yang juga sehati (ya walaupun kita emang seringnya sehati terus sih hahaha) seperjuangan untuk skripsi historis ini. Wisuda bareng? Keciillll 😋 

Jadiiii buat kalian yang punya temen anak sejarah dan kebetulan doi belom kelar-kelar skripsinya, TOLONG banget GAUSAH tanya-tanya : udah sampe mana nih skripsi lo? 

Iya, gue tau alasannya baek, buat nyemangatin. But please, mostly they are feeling depressed instead. Lebih baik doakan diam-diam deh. Atau bisa sekali-kali ajakin dia refreshing. Tapi yang jelas BUKAN ngepoin progresnya. 

Nah kalo kasusnya pacar? Ya sama aja. Semangatin! Bukan ditanya-tanyain mulu apalagi sampe keluar kalimat : ayo dong kelarin skripsinya! Tuh temen-temen kamu banyak yang udah wisuda loh! Sumpah itu kalo pacar gue sih bakal gue ‘larung’ dia ke pantai selatan! 

Ah jadi kebablasan curhat mulu kan. 😳🙈🤐 

Yaudin lahyaw pokoknya gitu. Jangan dikira mahasiswa sejarah kerjaannya cuma jalan-jalan ke candi dan mengulik masa lalu. Noooo! They do have a ‘problem’ about final assignment too 😉

Leave a Reply

