My Favorites

Review Buku “Happy Little Soul” Karya Retno Hening Palupi : A Journey to Know Children’s World in A Happy Way”

Assalamualaikum, bloggers! Konbanwa, minna! Hello, fellas! Akhirnyaaa gue bisa posting tentang buku lagi nih. Kayaknya udah lama banget sejak terakhir bikin review buku, Alhamdulillah, sekarang ada bahan buat diulas 😀

 

Buat kalian yang aktif di Instagram, pasti tau nih, tentang sosok demez (re : dedek gemez) bernama Mayesa Hafsah Kirana, atau yang akrab dipanggil Kirana. (though, sometimes the netizen calls her ‘Kinana’ or ‘Kiwana’ etc etc which is makes her sounds more kawaii :3) Nah, singkat cerita, sang ibunda, dengan akun @retnohening yang awalnya membagikan video-video keseharian anak sulungnya itu lantas jadi viral karena sering mendapat repost. Nggg… demo ne, gue jujur ga gitu paham cara-cara repost Instagram. Gimana mau ngerti, punya aja kaga! *lol*

 

Lah terus lo tau si Kirana ini darimana, Ris?

 

Percayalah, nak. Apapun yang viral di Instagram beberapa waktu setelahnya pasti bakal jadi berita di Line Today. *macak guru bijak* Well, kalo dari LT gue ga bakal kudet. Beritanya variatif banget sih! Hohohoho

 

Oke, skip. Ini kan mau bahas review. Readers ga bakal peduli juga lo pake Instagram atau kaga, Ris -__-

 

And sooo here we go, friends! *drum roll*

 

 

Tuh, bukunya aja udah eye-catching banget gini, pasti pada tambah kepo kan? Sama, gue juga. Luckily, pas buku ini sampe (gue order via online, btw. Arigatou, @booklaza !!) langsung gue buka. Karena gue ikut yang pre-order, dapet gift mix and match Kirana gini. Lucu yak? Ini masih mulus banget. Paling ntar kalo mudi baru gue kasih keponakan aja, biar dimainin dia. *ketauan tantenya kaga pinter mix and match*

 

 

 

Pssst… meskipun gue udah penasaran banget, tapi gue ga bisa langsung namatin ini buku. Padahal biasanya buku yang Cuma setebal 200 halaman gini dalam waktu kurang dari 8 jam udah gue libas. Thanks to my dearest skripsi yang telah menyita waktu dan pikiran, gue jadi terpaksa sedikit-sedikit dulu baca bukunya Ibuk ini. Tapi gapapa sih, jadi sekalian diresapi. Itung-itung biar ilmunya bener-bener nempel sampe gue punya anak biar ga buka-buka lagi. *dasar pemalas* *jangan ditiru ya, gaes!* *sambil pasang muka polos* Setelah seminggu lewat, gue keburu tepar dan akhirnya niat buat ngereview kisah Ibuk dan Kirana juga kepending. (Again, thanks A LOT to you, my skripsi -,-)

 

 

Dari semua buku non-fiksi yang pernah gue baca, jujur bukunya Ibuk ini bener-bener ga bikin bosen! Selain cara penuturan Ibuk yang luwes, desain dan layout buku yang diterbitkan GagasMedia ini ABSOLUTELY AMAZING. Two thumbs up pake banget deh! Tapi maaf ya, para pembaca sekalian. Due to a copyright (and for avoiding spoiler), I couldn’t post the content of this book. Perhaps you should read it on your way. 🙂

 

Ilustrasi di buku ini juga bikin mata betah buat lama-lama mantengin dan ga pindah ke halaman setelahnya. Semua halaman di “Happy Little Soul” ini juga FULL color loh. Apalagi, Ibuk juga menyisipkan beberapa gambar yang dibuat Kirana, juga fan art dari para fans demez ini. Unch unch… cuteness overload banget deh pokoknya! *tuh, kurang apalagi coba??*

 

Walaupun katanya Ibuk ga punya pengalaman menulis, tapi buat gue pribadi yang sempet mendalami jurnalistik selama masa sekolah, kata-kata yang dirangkai Ibuk dalam buku ini bener-bener bikin speechless : dalam, tanpa terkesan menggurui. ^_^ Moral value, pembelajaran, dan tips-tips yang Ibuk berikan juga tersampaikan dengan baik. Termasuk buat gue yang masih unyu-unyu. *dijitak readers*

 

Gue suka semua chapter dalam buku ini. Bagian favorit mungkin pas Ibuk cerita masa-masa kehamilan dan ceita Ibuk dalam mengajarkan kebaikan kepada Kirana. Oh iya… sama cerita ketika Ibuk alpa tentang kelemahan 99,9% kaum Adam : GA PEKA sama kode-kodean ! Alas, when I read this chapter I couldn’t stop craughing (re : crying and laughing). Ternyata oh ternyata… walaupun udah menikah, cewe tetep suka main kode ya, Ibuk? Wkwkwk. Gue jadi pingin nangis tapi kocak juga sih. Ibuk, tenang aja. Kode-kodean sama cowo ga masalah kok. Kalo masih ga peka juga, ya udah kita pasang aksi diam dan muka cemberut aja. :’v Tetiba ngebayangin besok suami gue kayak Ayahnya Kirana juga kaga, ya?

 

Sekali lagi, untuk buku sekelas family and parenting gini, buat gue “Happy Little Soul” perfect! Chotto matte kudasai… yang ‘perfect’ itu kan cuma Allah swt., Ris! *diruqyah netizen* Sabar gaes… gue belom selesai ngetik. Mohon jangan pukuli daku :3

 

However, it just seemed wrong seeing a book without ‘daftar isi’. Iya, sebagai mahasiswa tingkat akhir, jujur gue sensitive soal beginian. Maka, kembalilah ke pokok diatas : Kesempurnaan memang hanya milik-Nya 🙂 sayang banget editor dana tau penerbit gak ngasih daftar isi di buku ini. Soalnya, meski kita dapet bookmark unyu khas Kirana, tapi akan lebih mantep kalo sebelas bab dalam buku ini bisa di-list dengan rapi. Hehehe semoga Ibuk atau pihak GagasMedia baca yaa. Soalnya gue yakin banget buku ini bakal segera jadi best-seller! So, hopefully in the next edition there will be upgrade such as page-list. It would be nice and really helpful. 😀

 

IMG_20170430_164613
See?  The bookmark is very very kawaii :3

 

 

Last but not least, THIS BOOK IS WORTH TO BUY AND OWNED FOR ALL OF YOU, GUYS! Bukan cuma mereka ibu-ibu muda, yang masih unyu kek gue *dijitak netizen lagi*, yang baru punya cucu, sampe ke cowo-cowo, gue bener-bener saranin kalian buat baca buku ini. Yaaa kalo belom ada rezeki, mungkin bisa pinjem ke temennya yang sudah punya. Lebih baik sih punya sendiri. Biar besok kalo udah punya anak gampang nyari referensi tanpa harus ngerepotin orang lain. Mwehehehe

 

Sekian dulu yaaa review gue. Semoga postingan kali ini bermanfaat buat kalian. See you next time! Jaa~~ ^0^

 

3 thoughts on “Review Buku “Happy Little Soul” Karya Retno Hening Palupi : A Journey to Know Children’s World in A Happy Way”

Leave a Reply

