Anything

Review Liquid Lipstick from 4 Different Brands : The Balm, APRIL, Mineral Botanica, and Rimmel London

Hello, fellas! Back to the time when I really avoid any kind of liquid lipstick, (tbh, it was because I was very boyish) gue bener-bener males kalo disuruh pake gincu selain yang bentuknya stick. Yup, buat gue dulu make gincu ya cukup yang model ‘konvensional’ aja. Males banget kalo harus yang ala ala kekinian alias liquid lip cream gini. Mungkin kemalasan gue tersebut juga dikarenakan warna alami bibir gue yang tricky banget kalo harus apply lip cream, plus, sifat gue yang ga bisa telaten. *lol*

Tapiii, setelah lulus kuliah, dan setelah diceramahin tembem kesayangan a.k.a Maristha gue perlahan mulai insyaf and so I’m starting to do some make up improvement! Pssttt… Doi juga ngasih ‘sumbangan’ make up baaanyyak banget ke gue. Maka dari itulah, kayaknya sayang banget kalo mereka-mereka ini disia-siakan. *abis ini pasti doi bangga udah bikin gue mulai feminim* 

Okay, seems that I talked nonsense too much. Wkwkwkw so let’s start the review! 😉 

Liquid lipstick yang pertama adalah produk dari The Balm. Jujur aja nih, sebelum dikasih ini, gue kira The Balm itu cuma concern di face make up gitu. Beneran baru ngeh kalo ternyata mereka ngeluarin produk gincu! 😀 Nama lini khusus lipstick mereka ini dinamai Meet Matt(e) Hughes. Lucu ya, namanya? 

Pas dikasih ini sama tembem kesayangan gue itu, hal yang pertama terlintas di benak gue adalah, “Buset, ini gincu mini bener?!?” and again, I just knew that The Balm has two size for their lipstick : mini and normal (?). yaahh pokoknya gitu deh. Lupa gue apa sebutannya. *grinned*

 Tapiii biarpun mungil nan kecil, packaging nya tetep cantik dan persis sama kaya ukuran aslinya kok. Emang yang bedain cuman size nya aja. ^,^ Ini nih wujud gincu dari The Balm : Meet Matt(e) Hughes! (for the next, I’d like to call them “TBMMH” ne minna. Biar lebih singkat! XP) 

Selanjutnya, setelah puas mengagumi (?) ke-minimalis-an si TBMMH ini, gue coba langsung apply. Yes, I’m not a girl who like to swatch lipstick in their palm before apply it on the lips. *lol* First impression after I applied the lipstick? Euhhh… kinda hate the scent, yet, this is the best liquid lipstick I’ve ever had! ❤

TBMMH ini ─seperti yang sudah ada di gambar─ punya applicator yang enak banget. Bentuknya bener-bener presisi dan ngikutin lekuk bibir gitu deh. Dan yang bikin gue cinta sama produk ini dia tuh bener-bener pigmented buat bibir gue! FYI, my bare lips itu bagian atasnya gelap dan bawah cuman gelap di pinggirnya aja. Tapi bagian dalam pink cerah. Jadi emang rada tricky buat apply lipstick. Harus yang bisa langsung ‘nampol’ biar nutup flaw nya bare lips gue. Maka dari itu pula, selama ini gue males coba-coba gincu, karena (ketika itu) Purbasari matte lipstick nya udah more than enough banget buat gue.

Oh ya, shade TBMMH ini adalah Brilliant. Dia itu 11 : 12 sama shade Jade-nya Purbasari. Warna pink dengan bias mauve dan sedikiiit hint salmon gitu. And yup, gue merupakan pecinta warna dengan shade lipstick kek gitu sebab bisa selalu match sama look gue! 😀  

Pas pertama apply ─like I said before─ gue rada terganggu sama wangi dan sensasi mint dari TBMMH ini. Mungkin karena kebiasaan pake gincu yang plain, jadi rada ga sreg aja sama yang ‘semriwing’ begini. Heuheuu~ Demo ne, itu ga bertahan lama kok. Paling 1-2 menit setelah selesai apply, sensasi tersebut ilang sendiri. Then, you’ll get a gorgeous lip without feeling like using them. *wink*

Seriusan loh. TBMMH ini bener-bener light. Kalo mungkin kebanyakan liquid lipstick yang pigmented bakal bikin bibir kaya dikasih lem, si TBMMH ini sama sekali engga. Pokoknya bener-bener ga kerasa pake lipstick! Pas dibawa makan pun, TBMMH tetep stay dengan cantiknya di bibir gue. Rada keapus di bibir bagian dalem yang emang ga mungkin bisa dihindari. Tapi look lips gue di luar, as people might see, tetep ciamik deh! Pssst… ketika coba lipstick ini, gue itu pas makan yang berkuah loh. Jadi awas kalo ada yang coba berani mempertanyakan gue! *smirk*

Pas mau bersihin make up, otomatis kan kita juga harus bersihin bibir dari gincu kan ya~ Well, disini perjuangan gue buat bersihin TBMMH ini dimulai. *hiperbolis dikit* Kemaren itu pas bersihin, engga cukup cuman pake first cleanser gue yang biasa. Gue masih harus struggle buat ngehapus residu TBMMH ini pake VCO alias virgin coconut oil. Setelah itupun masih harus gue lanjut dengan scrubbing pake gula pasir dan sedikit tetes VCO. Subhanallah… =,= 

Frankly, I’m still in love with this product! Really hope someday I could buy TBMMH for other shade. Or perhaps, somebody out there would give me for free since this product is kinda pricey! >,< Tiap set TBMMH ini pas gue googling kurleb 200ribu, cynnnn. Itu pun cuman dapet size mini doang! Apalah nasib hamba sahaya kek gue begini :’)) 

THE CONCLUSION : 

➕ Packaging kuat, lucu juga walaupun mungil banget. 

➕ Aplikatornya mantep. Bener-bener gampang buat apply. 

➕ Shade warnanya cantik-cantik! 

➕ Light, yet sooo da*n pigmented. Ga bikin bibir kering juga walaupun berjam-jam dipake.

➕ Awet di bibir. Engga transfer juga loh~ 

➖Ada wangi dan sensasi mint yang lumayan strong

➖Pricey. Harus bener-bener diniatin nabung kalo mau beli :’)

➖Harus ekstra sabar bersihin lipstick ini. 

💄Repurchase? ABSOLUTELY! 



Fiuh… I think that’s enough for high-end product. Time to check the mid-end, girls! Say hello to APRIL Organic Lipcream. 🙂 

Packaging APRIL ini menurut gue simple yet elegant. Perhaps because my jawline is square, so I do love something with square-shape too. Hahahaha *iyain aja deh*  Ini nih wujud lipcream-nya : 

Eng ing engggg… waktunya apply! First, I’m so relieved that this lipstick doesn’t have any scent. Second, what?? Why this is couldn’t work in my lips?!?! Huhuhu… sedih banget gue. Ibarat udah bahagia karena di pdkt-in doi, eh ternyata yang bersangkutan cuman mau minta tolong buat ngedeketin sama temen kita. Sakit, tapi ga berdarah. *nunjuk dada* T___T

Pertamanya sih emang gue pikir, oh… teksturnya light nih, sama kaya TBMMH walaupun lebih cair. Ealah ternyata… malah ga pigmented samsek! Malah cenderung jadi glossy ala-ala lipgloss anak sekolahan cobakkk. Kan buat pemilik bare lips kaya gue gini jadi nyesek banget gitu, gaesss :’((

Gue dikasih dua shade nih, Astrantia (gambar yang udah diatas tuh, paragraf setelah packaging) sama Peony. (gambar setelah paragraph ini ya) And those wasn’t work AT ALL on my lips!

 
Sejauh pengalaman gue dalam dunia pergincuan *tsahhh gaya lu, Ris!* ketika pertama ulas masih light dan glossy, beberapa menit setelah apply pasti jadi matte kok. Nah, tapi kenapa si APRIL ini kaga? Honestly, I have no idea. 😦 mungkin karena di packaging nya pun emang cuman tertulis ‘Organic Lipcream’ tanpa embel-embel matte like another lipcream, jadi emang produk gincu ini dikhususkan bagi mereka yang mau punya look bibir glossy gitu. Hiks, syedih daku, bang! =(( 

Padahal, shade Astrantia itu gue suka loh. Mirip sama shade Diamond-nya Purbasari, yang emang sering gue pake buat daily juga. Dan shade Peony 11:12 sama Crystal-nya yang jadi my holy grail nude lipstick. Tapi ternyata bibir gue emang gak jodoh sama si APRIL ini. Huhuhu 

THE CONCLUSION : 

➕Packaging nya simple dan elegant. Kokoh juga.

➕Ga ada aroma atau sensasi apapun. Plain pokoknya.

➕Shade warnanya variatif

➕Aplikatornya enak dipake

➕Ga bikin bibir kering.

➕Bersihin ini gampang. First cleanser juga langsung ilang, ga perlu double sampe scrubbing segala.

➖Ga pigmented

➖Masih transfer dan ga awet di bibir

➖Teksturnya glossy, bukan matte. Jadi kaya abis makan gorengan .-. 

➖Walaupun ga semahal TBMMH, tapi masih range diatas 100ribu. Kurleb 110-150 gitu di online shop. 

💄Repurchase? A BIG NO. 


Tips : 

Karena sayang banget kan, udah dikasih APRIL ini, gue besok bakal coba improve cara makenya. Bakal gue coba re-apply setelah menaburkan sedikit bedak biar lebih matte dan ‘nampol’. Dulu pernah pake red-A lipstick, which is they’re sooo glossy kan. Nah pas gue pakein trick gitu, jadi mendingan. Hope it works for APRIL! 🙇

Extra tips : 

Sebelum apply lipstick jenis APAPUN, kalian JANGAN sampe lupa apply lipbalm ya! Inget, bibir yang kering ga bagus kalo ‘disembunyikan’ pake gincu. Bukannya bikin cantik, yang ada malah aneh karena makin mempertegas ‘kemarau’ bibir kalian, girls. 🙅

Last product, meet the liquid lipstick from local brand : Mineral Botanica  Soft Matte Lipcream! Yuhuuu, gincu terakhir di review kali ini adalah yang kelasnya ‘kantong mahasiswa’. Jadi aman lah, ga bikin jebol. :-*

Dibanding dua merk sebelumnya, gue udah cukup lama tau si MB ini. Kalo ga salah jaman magang tahun lalu. Tapi ya itu tadi, walaupun shade warna MB ini kompetitif banget sama 2 merk diatas, gue emang males banget kalo disuruh pake liquid. Halah piye, wong sok esih mbleber nandi-nandi kok. 😛 

Packaging gincu ini buat gue sih yang paling nyaman dibanding dua diatas. Selain ga ‘pelit’ ukuran, desainnya yang cenderung lonjong gini enak banget digenggam. Tapi tetep kokoh gitu. Jadi ga usah khawatir ga bisa ‘anteng’ di meja rias kalian. Mwehehehe


Unfortunately, the applicator is just not as good as the packaging. Flat banget deh aplikatornya! Ga ada lekukan sama sekali yang bisa bikin kita buat presisi ulasan ke bibir. Makanya… keliatan di foto kan, bibir gue paling ‘ceroboh’ bentuknya pas pake MB ini. Lha wong datar blas ngene piye meh bentuk bibir? -_- 

Hmmm untungnya sih, pas apply tekstur MB nyaris seperti TBMMH. Ga se light TBMMH, yet still covered my lips. Makanya gue bilang ‘nyaris’ aja. Kaga sama plek! Wkwkwkw~~ Oh iya, shade yang gue apply ini yang Mauve, minna! Shade ini mirip Amber-nya Purbasari. Warna pink yang lebih bold dari Jade, dengan hint mauve dan sedikiiiit coral red gitu. Gomen ne, kalo kalian bosen karena perbandingan warna yang gue kasih dari Purbasari semua. Abis gimana, ya? Gincu favorit sih ^_^ 



THE CONCLUSION : 

➕ Packaging bagus, kokoh. 

➕ Shade macem-macem banget, lucu-lucu pula. 

➕ Pigmented dan ga bikin bibir kering.

➕ Harganya paling ‘aman’ dari 2 merk sebelumnya! Range 60-80k, CMIIW.

➖Awetnya ga sebagus TBMMH, tapi diatas APRIL. Sayangnya, MB ini yang punya transfer paling parah! Gue pake udah lebih dari 3 jam, udah dibawa makan juga, masih nempel di gelas huft. -,- 

➖Bersihinnya agak susah. Ga harus double cleansing sih, tapi tetep butuh scrubbing aja. Hehehehe 

💄Repurchase? MAYBE. Wanna try another shade, yet I don’t feel comfortable with the applicator :-/ 

Demikianlah review kali ini, pembaca tersayang gue! Maaf ya kalo pembahasan di review ini sangat-sangat tidak praktis. Gue masih newbie banget soalnya di dunia per-make up-an >_< Kindly leave your response by liking or commenting this post, okay? Jaa ne, minna! Xoxoxo ❤
 

1. TBMMH = The Balm Meet Matt(e) Hughes. Shade : brilliant. 2. APRIL shade Astrantia. 3. APRIL shade Peony. 4. Mineral Botanica shade Mauve.

PS : maapkeun daku lagi ya gaes, kalo fotonya ini kurang konsisten. Karena bibirku agak rewel, jadi swatch nya tiap hari cuma 1 product. Jadi yaaa sinar matahari nya itu tiap hari juga beda, karena pengambilan fotonya juga di waktu-waktu berbeda 😅



UPDATE !!!! 



Jadi, ceritanya… Abis wisudaan kemaren dapet kado banyaaak dari si Maristha (thanks a bunch, sissy!) Dan salah satunya gincu liquid baru : Rimmel London. So, here’s the review 💁

➕Packaging nya cantik. Love bgt! 

➕Teksturnya light, dan gaada scent yang ‘aneh-aneh’

➕Ga bikin bibir kering, asalkan tetep apply lipbalm dulu yes.

➕Shade warnanya cocok banget bagi yang kepingin look terlihat girly

➕Aplikatornya terbaik kedua setelah TBMMH! laafff

➖Walaupun dia teksturnya light, tapi ga pigmented. Jadi ya kalo bibirnya banyak flaw kek gue gini, bagusnya dibikin beberapa kali ulas.

➖Masih transfer, tapi so far dia awet sih. Walaupun stain nya tetep ga gitu bagus buat gue hihihi 

➖Karena si Rimmel ini terdiri dari 2 product : lipcream dan (kind of) lipgloss gitu, keduanya harus dipake. Karena di step kedua, si lipgloss nya ini lebih ke yang nge-lock lipcream nya biar lebih matte. Efek glossy nya ga terlalu kentara sih, tapi buat gue ribet aja ya wkwkw

➖Hapusnya susah bgt! Gue harus triple cleansing dan kudu wajib scrub bibir setelahnya biar bener-bener ke remove. 

Shade : wish upon a berry. As usual, gambar grid pertama atas itu adalah ketika awal apply. Gambar bawah setelah dibawa aktivitas. Yes, I know. This lipstick makes my look kinda pale 😌

💄Repurchase? Nope. But, since this was a gift, I’d love to try it in my own personal experiment like APRIL lipcream. Perhaps one day I will mix this one with my other lipstick. Yaaaa siapa tau aja warnanya jadi ga terlalu pucat di gue, kan? 😙

11 thoughts on “Review Liquid Lipstick from 4 Different Brands : The Balm, APRIL, Mineral Botanica, and Rimmel London

Leave a Reply

